Debet Kredit Dalam Akuntansi

Debet Kredit Dalam AkuntansiDalam dunia akuntansi tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah debet dan kredit, di mana setiap melakukan penjurnalan pasti akan ada transaksi yang bernilai debet dan juga kredit. Nilai debet dan kredit tersebut dapat digunakan sebagai pembanding antara transaksi keluar dengan transaksi masuk. Debet dan kredit merupakan 2 hal yang saling berhubungan  dan saling melengkapi. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai debet dan kredit dalam akuntansi.

Pengertian Debet dan Kredit

Debet berasal dari bahasa latin “debere” yaitu pencatatan akuntansi di mana aset serta biaya mengalami peningkatan. Penambahan tersebut dapat berupa uang, peralatan, perlengkapan, piutang dan aset tidak berwujud lainnya. Sementara kredit berasal dari kata “credere” yaitu peningkatan atas akun hutang dan ekuitas. Ketika aset dan biaya/beban bertambah maka akan dicatat pada kolom debet ketika penjurnalan dan akan dicatat pada kolom kredit jika berkurang, sementara hutang dan ekuitas jika bertambah maka akan dicatat pada kolom kredit ketika penjurnalan dan dicatat pada kolom debet ketika berkurang.

Perbedaan Debet dan Kredit

Adapun perbedaan antara debet dan kredit adalah sebagai berikut:

DebetKredit
Dalam buku besar berada pada posisi kiriDalam buku besar berada pada posisi kanan
Mencatat rekening penerima danaMencatat rekening pemberi dana
Peningkatan debet karena penambahan kas, perlengkapan, persediaan, tanah dan lainnyaPeningkatan kredit karena penambahan pemegang saham atau ekuitas, hutang dan lainnya
Dicatat untuk transaksi masuk dalam neracaDicatat untuk transaksi keluar dalam neraca
Sebagai saldo normal aset dan biaya/bebanSebagai saldo normal hutang, ekuitas dan pendapatan

Penggunaan Debet Kredit Pada Akuntansi

Penggunaan dalam aset

Dalam pencatatan aset umumnya akan dicatat dalam kolom debet, sehingga jika aset bertambah maka akan dicatat pada kolom debet dan jika berkurang maka dicatat dalam kolom kredit. Meskipun secara umum saldo normal aset ada pada kolom debet, namun ada pengecualian untuk akun akumulasi penyusutan. Meskipun akumulasi penyusutan berada pada golongan aset namun jika akumulasi penyusutan bertambah maka diinput pada kolom kredit dengan mendebet beban. Hal ini dikarenakan akumulasi penyusutan tersebut berfungsi sebagai penyeimbang dari akun aset tetap yang disusutkan.

Penggunaan dalam beban/biaya

Dalam pencatatan beban/biaya umumnya akan dicatat dalam kolom debet, maka pengeluaran biaya/penambahan beban akan selalu dijurnal pada kolom debet dan jika berkurang akan dicatat dalam kolom kredit. Namun pada umumnya sangat jarang ada beban yang dicatat secara kredit karena biasaya beban akan bertambah bukan berkurang. Secara jurnal dan neraca saldo beban akan tampil dalam tampilan debet. Namun berbeda ketika ada pada laporan laba/rugi. Pada tampilan laba/rugi antara beban dan pendapatan justru dibuat terbalik, di mana beban yang saldo normalnya debet akan ditampilkan dalam kredit sementara pendapatan yang saldo normalnya kredit akan ditampilkan dalam debet.

Penggunaan dalam liabilitas dan ekuitas

Dalam pencatatan liabltas dan ekuitas umumnya akan dicatat dalam kolom kredit, maka jika perkiraan tersebut bertambah akan dicatat dalam kolom kredit dan jika berkurang akan dicatat dalam kolom debet. Untuk liabilitas dapat terdiri dari kewajiban jangka pendek dan kewajiban jangka panjang, sementara ekuitas terdiri dari modal, laba ditahan dan laba tahun berjalan.

Demikian artikel mengenai debet dan kredit dalam akuntansi. Untuk membantu Anda dalam penggelolaan pencatatan akun debet dan kredit, seperti jurnal, buku besar, neraca saldo hingga laporan keuangan, Krishand Software menyediakan program Krishand General Ledger. Dalam program Krishand General Ledger Anda dapat melakukan penginputan jurnal transaksi dan sistem akan otomatis membuat laporan buku besar, neraca saldo dan Anda dapat melakukan posting ke laporan keuangan. Jika Anda tertarik untuk mencoba trial dan ingin mengetahui lebih jauh mengenai program Krishand General Ledger, maka Anda dapat mengunjungi website kami dengan cara klik Krishand Software. Semoga Bermanfaat

JP2204

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *