Pengertian Administrasi Keuangan

Pengertian Administrasi KeuanganPencatatan data keuangan merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan dan perlu adanya penanganan khusus agar data yang dihasilkan dapat divalidasi dan sesuai dengan realisasinya. Maka dari itu perusahaan perlu membuat administrasi keuangan yang sesuai dengan kondisi perusahaan agar tujuan atau target perusahaan dapat tercapai. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai pengertian administrasi keuangan lebih dalam.

Pengertian Administrasi Keuangan

Pengertian secara umum administrasi keuangan dapat diartikan sebagai suatu kebijakan yang diterapkan oleh perusahaan dalam merencanakan, menyusun dan mencatat keuangan perusahaan baik pengeluaran hingga penerimaan dana perusahaan dalam kegiatan operasional perusahaan untuk mencapai tujuan tertentu. Semakin bagus administrasi keuangan perusahaan maka akan berdampak positif juga terhadap kinerja perusahaan.

Tujuan Administrasi Keuangan

Tujuan administrasi keuangan adalah sebagai berikut:

  1. Mengatur dan memproses sistem keuangan perusahaan berjalan dengan baik
  2. Membuat perencanaan keuangan
  3. Pengelolaan modal dan keuangan
  4. Menyusun anggaran keuangan
  5. Membuat laporan keuangan
  6. Mempermudah dalam memproses pemasukkan dan pengeluaran keuangan
  7. Pengelolaan surat berharga perusahaan

Tugas Dan Kewajban Karyawan Administrasi Keuangan

Ada beberapa tugas dan kewajiban karyawan administrasi keuangan, di antaranya sebagai berikut:

  1. Menyusun anggaran keuangan
  2. Membuat, memeriksa dan mengarsipkan faktur
  3. Menyusun perencanaan keuangan
  4. Membuat, mencetak surat tagihan hutang dan piutang
  5. Mengelola dan membuat laporan hutang piutang
  6. Menyusun kebijakan dan mengontrol alur keuangan perusahaan
  7. Membuat dokumentansi keuangan perusahaan

Petugas Administrasi Keuangan

Adapun pelaksana administrasi keuangan yang ada pada perusahaan di antaranya:

  1. Sekretaris atau administrasi

Sekretaris atau administrasi memiliki tanggung jawab dalam membantu pimpinan perusahaan dalam kegiatan keuangan dengan pihak bank dan melakukan pencatatan dan melakukan pengajuan ke bendahara

  1. Bendahara

Menerima pengajuan pengeluaran dana serta melakukan pengeluaran dan penerimaan dana atas persetujuan manajer keuangan/pimpinan perusahaan

  1. Manajer keuangan

Menerima serta memeriksa laporan pengeluaran dan penerimaan keuangan serta memberikan persetujuan atas penerimaan dan pengeluaran perusahaan.

Demikian artikel mengenai administrasi keuangan, administrasi keuangan akan berhubungan dengan pencatatan laporan keuangan. Untuk membantu Anda dalam melakukan pengelolaan laporan keuangan serta transakasi lainnya, Krishand Software menyediakan program Krishand Accounting. Dalam program Krishand Accounting Anda dapat melakukan pencatatan administrasi keuangan mulai dari transaksi penjualan, pembelian, pembayaran hingga jurnal dan laporan keuangan. Jika Anda ingin tahu lebih lanjut mengenai program Krishand Accounting, Anda dapat mengunjungi website kami dengan cara klik Krishand Software. Semoga Bermanfaat.

JP2203