Manfaat Stok Opname Perusahaan Manufaktur

Manfaat Stok OpnameBagi sebuah perusahaan jumlah barang merupakan hal yang sangat penting dan perlu dilakukan pemantauan. Tidak hanya bagi perusahaan dagang namun juga bagi perusahaan manufaktur. Maka dari itu perlu adanya perhitungan secara berkala untuk menghitung jumlah persediaan barang tersebut. Perhitungan persediaan barang biasa disebut dengan stok opname. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai manfaat stok opname  perusahaan manufaktur.

Pengertian

Pengertian stok opname secara umum adalah kegiatan penghitungan persediaan barang baik barang yang siap untuk dijual maupun barang yang disimpan perusahaan, dengan tujuan menyesuaikan antara stok fisik barang dengan catatan akuntansi atas barang tersebut. 

Pelaksanaan Stok Opname

Pelaksanaan stok opname setiap perusahaan biasa berbeda-beda tergantung dari kebijakkan perusahaan masing-masing. Stok opname biasanya dilakukan pada akhir periode, ada yang melakukan sekali dalam setahun yaitu pada akhir tahun, ada juga yang melakukan setiap akhir bulan dan ada juga yang melakukan per 3 bulan. Jenis bidang usaha juga akan mempengaruhi periode pelaksanaan stok opname.

Tujuan Stok Opname

Adapun tujuan dilakukannya stok opname adalah sebagai berikut:

  1. Mengurangi resiko kerugian akibat kesalahan dalam perhitungan stok
  2. Mengetahui total stok barang secara tepat dan akurat sesuai fisik barang
  3. Dasar dalam pengaturan mutasi barang yang keluar dan masuk milik perusahaan
  4. Dasar dalam melakukan jumlah produksi yang akan dilakukan

Manfaat Stok Opname Bagi Perusahaan Manufaktur

Dengan adanya stok opname dapat memberikan banyak manfaat bagi perusahaan, bagi perusahaan manufaktur manfaat stok opname tersebut di antaranya sebagai berikut:

  1. Membantu dalam menghitung harga pokok penjualan (HPP) yang berguna saat pembuatan laporan keuangan. Untuk pembahasan mengenai HPP perusahaan manufaktur dapat Anda pelajari lebih lanjut pada artikel kami dengan judul HPP perusahaan manufaktur.
  2. Mengetahui jumlah stok barang secara akurat dengan fisik barang
  3. Meengetahui kesesuaian antara catatan stok barang dengan jumlah fisik barang
  4. Mencegah adanya kecurangan yang terjadi dalam internal perusahaan
  5. Sebagai data perbandingan antara stok pada tahun atau periode sebelumnya dengan stok barang yang tersedia saat ini
  6. Mengetahui jumlah stok dan sebagai dasar dalam penentuan kebijakan produksi yang akan dilakukan.

Demikian artikel mengenai manfaat stok opname perusahaan manufaktur. Untuk membantu Anda dalam melakukan pencatatan persediaan barang Krishand Software menyediakan program Krishand Inventory. Dengan adanya Krishand Inventory Anda dapat melakuakn pengelolaan barang masuk dan barang keluar hingga mengetahui saldo akhir barang. Selain itu anda juga dapat melakukan pengelolaan mutasi barang antar gudang dan saldo akhir barang masing-masing gudang. Jika Anda tertarik dan ingin mengetahui lebih jauh mengenai Krishand Inventory Anda dapat mengunjungi website kami dengan cara klik Krishand Software. Semoga Bermanfaat

JP2204