Pengertian ORI (Obligasi Negara Ritel)

Pengertian ORIPada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai Pengertian Obligasi. Salah satu jenis obligasi yang dapat dibeli oleh masyarakat sebagai suatu cara untuk diversifikasi investasi dan dijamin oleh pemerintah adalah ORI (Obligasi Negara Ritel). 

Pengertian ORI

Obligasi Negara Ritel (ORI) merupakan salah satu produk investasi paling aman karena memiliki risiko rendah. ORI adalah salah satu instrumen investasi dalam bentuk obligasi atau surat utang yang diterbitkan oleh Pemerintah Indonesia dan diperjualbelikan kepada masyarakat secara perseorangan atau individu.

Pemerintah akan mengembalikan nilai utang obligasi kepada investor yaitu masyarakat sampai batas akhir jatuh tempo dan juga dengan imbal hasil atau yang biasa disebut kupon. Investor yang membeli ORI dari pemerintah tentu akan mendapatkan keuntungan berupa kupon yang diberikan.

Pemerintah akan membayarkan kupon tersebut tiap bulannya kepada investor. Nilai kupon dari ORI yang akan didapatkan adalah tetap sama setiap bulannya. Selain kupon yang diterima setiap bulannya, investor akan menerima keuntungan lainnya jika menjual kembali di pasar sekunder kepada investor lain. 

Karakteristik ORI

  • Dapat diperdagangkan, tanpa warkat

Investor yang memiliki ORI bisa memperdagangkannya di pasar sekunder. ORI dapat diperdagangkan setelah kupon pertama diberikan.

  • Kupon tetap (fixed rate)

Besaran kupon atau imbal hasil ORI adalah tetap berdasarkan tingkat suku bunga yang berlaku saat pembelian. Nilai kupon tidak akan berubah jika suku bunga acuan naik atau turun.

  • Minimal pembelian terjangkau

ORI dapat dibeli dengan modal yang terjangkau. ORI yang sedang diterbitkan oleh pemerintah saat ini yaitu ORI021 dengan minimal pembelian 1 juta, hingga maksimalnya adalah Rp2 miliar per investor.

  • Potensi naik/turun harga

Karena dapat diperjualbelikan ORI memiliki potensi keuntungan dan kerugian dari selisih harga jual (capital gain/loss).

Keuntungan Membeli ORI

  • Kupon dan Pokok dijamin oleh Undang-Undang.
  • Kupon yang ditawarkan lebih tinggi dibandingkan rata-rata tingkat suku bunga deposito pada bank BUMN.
  • Nilai bunga tetap sampai waktu jatuh tempo.
  • Kupon dibayar setiap bulan.
  • Dapat diperdagangkan di pasar sekunder.
  • Berpotensi memperoleh capital gain.
  • Dapat dipinjamkan atau dijaminkan kepada pihak lain.
  • Masyarakat turut serta mendukung pembiayaan pembangunan nasional

Cara Membeli ORI

Berikut tahapan-tahapan secara umum ketika akan membeli produk investasi ORI, yaitu:

  1. Pendaftaran/Registrasi

Calon investor yang akan membeli ORI dapat mendaftarkan diri pada sistem elektronik dengan menginput data-data sesuai kebutuhan yang disediakan oleh Mitra Distribusi (Midis) seperti perbankan, perusahaan efek dan fintech.

  1. Pemesanan Obligasi

Setelah registrasi berhasil, calon investor dapat melakukan pemesanan. Pemesanan hanya dapat dilakukan sesuai masa penawaran ORI yang sedang berlaku.

  1. Pembayaran

Setelah pemesanan berhasil diverifikasi (verified order) oleh mitra distribusi, calon investor akan mendapatkan kode pembayaran (billing code) melalui email/sms.

  1. Konfirmasi

Setelah pembayaran selesai, calon investor akan memperoleh NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) dan pemberitahuan terkait completed order serta akan memperoleh alokasi sesuai tanggal penerbitan.

Demikian pengertian dan penjelasan lainnya mengenai Obligasi Negara Ritel (ORI). Untuk melihat artikel menarik lainnya terkait BPJS, Pajak, Pembukuan, Keuangan dan lain-lainnya Anda dapat mengunjungi website kami di www.krishandsoftware.com/blog

Krishand software juga menyediakan software-software yang dibutuhkan oleh perusahaan Anda, seperti Krishand Payroll dan Krishand Absensi untuk Software Penggajian, Krishand General Ledger dan Krishand Invoicing untuk Software Keuangan dan Software Penjualan, dan berbagai software lainnya.

Untuk mendapatkan program krishand Krishand Anda bisa menghubungi nomor: 021-7363764 atau email ke [email protected]. Anda juga bisa menghubungi kontak tersebut untuk permintaan jadwal presentasi terkait program-program krishand.