Rekening Koran dan Manfaatnya

Rekening Koran dan ManfaatnyaDalam pencatatan transkasi perusahaan tidak tertutup kemungkinan adanya kesalahan penginputan atau adanya transaksi pengeluaran dana yang belum dicatat, maka dari itu, perlu adanya rekonsiliasi data. Jika pengeluaran dana tersebut berasal dari bank maka kita akan lebih mudah dalam melakukan rekonsiliasi data, karena setiap bank dapat mengeluarkan rincian transaksi atau biasa disebut rekening koran. Dengan adanya rekening koran kita dapat membandingkan data catatan internal perusahaan dengan rekening koran mulai dari saldo awal periode, transaksi mutasi hingga saldo akhirnya. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai rekening koran dan manfaatnya.

Pengertian Rekening Koran

Rekening Koran merupakan rincian keseluruhan transaksi keuangan dari suatu rekening bank baik rekening individu maupun rekening instansi/badan usaha. Berbeda dengan mutasi bank yang dapat ditarik setiap waktu, untuk rekening koran dicetak minimal 1 bulan transaksi. Rekening koran berasal dari bahasa belanda yaitu ”courant”yang berarti catatan transaksi keuangan suatu rekening.

Syarat Pencetakan Rekening Koran

Adapun persyaratan pencetakan rekening koran umumnya sebagai berikut:

  1. Memiliki buku tabungan asli
  2. Menunjukkan kartu indentitas, kartu identitas dapat berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Izin Mengemudi (SIM).
  3. Menunjukkan kartu debet, terkadang pihak bank akan meminta Anda untuk menunjukkan kartu debet rekening tersebut sebagai tanda kepemilikan rekening, tetapi tidak semua bank menerapkan hal terebut.
  4. Biaya pencetakan rekening koran
  5. Jika pihak yang mengajukan pencetakan bukan pemilik langsung maka perlu adanya surat kuasa dari pemilik rekening dengan tanda tangan di atas meterai.

 Kegunaan dan Manfaat Pencetakan Rekening Koran

Pencetakan rekening koran memang tidak wajib, terutama untuk rekening pribadi. Untuk perusahaan/entitas rekening koran biasanya digunakan untuk melakukan rekonsiliasi data pengeluaran dan pemasukan dana perusahaan dari rekening tersebut. Untuk pembahasan mengenai rekonsiliasi dapat Anda baca pada artikel kami dengan judul pentingnya program dalam rekonsiliasi bank. Adapun kegunaan atau manfaat pencetakan rekening koran adalah:

  1. Mengetahui rincian transaksi keluar dan masuknya dana dalam satu bulan
  2. Sebagai kelengkapan data dalam pengajuan/pembuatan visa
  3. Sebagai kelengkapan data dalam pengajuan pinjaman
  4. Sebagai kelengkapan data dalam pengajuan kredit perumahan/KPR
  5. Kelengkapan data dalam audit perusahaan
  6. Dapat digunakan sebagai bukti hukum
  7. Dapat digunakan untuk kelengkapan data ketika perusahaan/individu mengikuti sebuah lelang

Demikian artikel mengenai rekening koran dan manfaatnya, untuk membantu Anda dalam proses rekonsiliasi  antara data perusahaan dengan rekening koran, Krishand Software menyediakan program Krishand General Ledger. Dalam dalam program Krishand General Ledger Anda dapat melakukan pengelolaan mulai dari jurnal umum hingga laporan keuangan. Dalam program Krishand General Ledger juga terdapat fitur buku besar lawan transaksi yang sangat berguna dalam proses rekonsiliasi dan menampilkan data seperti rekening koran sesuai data yang sudah diinput. Dari buku besar lawan transaksi tersebut proses rekonsiliasi data akan semakin mudah. Jika Anda tertarik untuk mencoba trial program Krishand General Ledger, Anda dapat mengunjungi website kami dengan cara klik Krishand Software. Semoga bermanfaat.

JP2202