Pengertian Cukai dan Fungsinya

pengertian cukaiMelalui Kementerian Keuangan, pemerintah telah menyetujui arahan terkait perubahan kenaikan tarif cukai hasil tembakau (CHT) atau cukai rokok yang berlaku per 1 Januari 2022. Rata-rata kenaikan tarif cukai adalah 12 persen dan khusus untuk Sigaret Kretek Tangan (SKT) ditetapkan berbeda yaitu 4,5 persen. Terkait penggunaan pita cukai yang baru, pemerintah telah memastikan bahwa pita cukai tersebut akan siap digunakan saat implementasinya pada awal tahun 2022. Peraturan tarif cukai terbaru berdasarkan dalam dua Peraturan Menteri Keuangan (PMK), yaitu PMK Nomor 192/PMK.010/2021 dan PMK Nomor 193/PMK.010/2021. PMK 192/2021 mengatur tentang kenaikan tarif cukai rokok rata-rata 12 persen, sedangkan PMK 193/2021 mengatur tentang tarif cukai rokok elektrik. Apa sebenarnya pengertian dari cukai dan barang apa saja yang dapat dikenakan cukai?

Pengertian Cukai

Berdasarkan UU No. 39/2007, cukai adalah pungutan negara yang dikenakan terhadap barang-barang tertentu yang mempunyai sifat atau karakteristik yang ditetapkan dalam undang-undang.

Barang Kena Cukai

Cukai dikenakan terhadap barang-barang berikut:

  1. Etanol atau etil alkohol
  2. Minuman dengan kadar etil alkohol
  3. Produk hasil tembakau

Berdasarkan UU No. 39/2007, terdapat 4 jenis barang yang mempunyai sifat atau karakteristik barang-barang yang dikenakan cukai, yaitu:

  • Barang yang konsumsinya perlu dikendalikan.
  • Barang yang peredarannya perlu diawasi
  • Barang yang dapat menimbulkan efek negatif bagi masyarakat atau lingkungan hidup
  • Barang yang perlu pembebanan pungutan negara demi keadilan dan keseimbangan

Fungsi Cukai

Cukai itu sendiri diterapkan untuk mengurangi tingkat konsumsi pada barang-barang tertentu. Kemungkinan pemerintah akan terus meningkatkan pungutan cukai dari tahun ke tahun. Jadi, beberapa tahun mendatang harga rokok dan minuman beralkohol akan jauh lebih mahal sehingga dapat mengurangi konsumsi barang tersebut karena tingkat daya beli masyarakat yang juga akan menurun.

Demikian artikel mengenai pengertian akuisisi, klik Blog Krishand untuk membaca artikel-artikel lain dari Krishand Software. Untuk mencoba software-software gratis yang dapat membantu Anda dalam penggajian karyawan atau transaksi perusahaan lainnya dan Anda dapat mengunjungi website kami dengan cara klik Krishand Software.