Umur Piutang dan Manfaatnya

umur piutang

Menjaga hubungan baik dengan pelanggan dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya dengan memberikan kelonggaran pembayaran dalam bentuk piutang dengan jangka waktu tertentu. Menganalisa umur piutang merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan. Hal tersebut dapat digunakan sebagai dasar perusahaan dalam penerimaan pendapatan/pengembalian dana perusahaan dan menentukan planning  dari cash flow selanjutnya. Pada artikel ini kita akan membahas mengenai umur piutang dan manfaatnya.

Pengertian Piutang

Sebelum membahas mengenai analisa umur piutang dan manfaatnya kita bahas terlebih dahulu pengertian dari piutang itu sendiri. Piutang merupakan hak milik kita yang masih ada di tangan orang lain baik berupa uang maupun penjualan yang belum lunas atau belum dibayar dan berhak kita tagih. Untuk pembahasan lengkap pengertian piutang dapat dibaca pada artikel sebelumnya dengan judul Pengertian Piutang, Jenis, Ciri-Ciri dan Penggolongannya.

Pengelompokkan Umur Piutang

Pada dasarnya pengelompokkan ini bervariasi sesuai dengan kebijakan perusahaan, tetapi umumnya piutang dikelompokkan dengan rentang sebagai berikut:

KelompokRentang
Kelompok 11 Hari – 30 Hari
Kelompok 231 Hari – 60 Hari
Kelompok 361 Hari – 90 Hari
Kelompok 4>= 91Hari

Manfaat Analisa Umur Piutang

Manfaat analisa umur piutang diantaranya sebagai berikut:

  1. Menganalisa waktu pengembalian atau penerimaan pendapatan dana perusahaan
  2. Membantu dalam penentuan rencana arus kasperusahaan
  3. Pencegahan situasi krisis keuangan perusahaan
  4. Media dalam menganalisa prilaku pelanggan dalam pembayaran piutang
  5. Dasar dalam penentuan harga yang akan diberikan dari lama pembayaran
  6. Dasar dalam pemberian jumlah diskon yang akan diberikan.

Untuk membantu Anda dalam pengelolaan piutang, invoice, hingga faktur pajak/PPN Krishand Software menyediakan Krishand Invoicing versi 6.0.1. Pada program Krishand Invoicing Anda dapat melakukan pengelolaan data penjualan mulai dari daftar pelanggan, sales order, surat jalan, invoice, pembayaran invoice, pembuatan faktur pajak, hingga penarikan csv untuk diupload ke e-faktur. Berikut adalah contoh laporan analisa umur piutang yang dapat dihasilkan oleh program Krishand Invoicing:

Demikian artikel yang dapat dibahas kali ini. Apabila anda tertarik anda bisa mencoba trial dengan mengunjungi website dan download trial program Krishand Invoicing secara gratis dan klik Krishand Software. Semoga Bermanfaat.

JP2112