Pengertian Akuisisi dan Tujuannya

Pengertian Akuisisi

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai Pengertian Merger. Selain merger ada juga istilah mengenai akuisisi. Merger dan Akuisisisi merupakan salah satu dari sekian banyak strategi yang digunakan perusahaan dalam upaya untuk meningkatkan kinerja dan daya saingnya. Sebagian masyarakat masih sering salah dalam mengartikan dan membedakan istilah merger dan akuisisi. Sebenarnya apa itu pengertian akuisisi?

Pengertian Akuisisi

Akuisisi adalah pembelian atau pengambilalihan perusahaan oleh perusahaan lain. Kemudian saham atau kekayaan perusahaan yang diakuisisi atau disebut target company dimiliki perusahaan yang mengakuisisi atau disebut acquiring company. Akuisisi dilakukan dengan cara memperoleh lebih dari 51% kepemilikan saham perusahaan.

Agar perusahaan dapat mencapai pertumbuhan yang lebih cepat, memiliki daya saing yang kuat, dan melakukan ekspansi bisnis, daripada harus membangun unit usaha sendiri sebagian besar perusahaan menggunakan strategi akuisisi. Dengan melakukan akuisisi diharapkan perusahaan dapat memperoleh pangsa pasar yang lebih besar, dan meningkatkan profitabilitas perusahaan.

Tujuan Akuisisi

Perusahaan melakukan akuisisi untuk beberapa tujuan berikut:

  • Menambah sinergi perusahaan

Umumnya, akuisisi dilakukan untuk keuntungan dan meningkatkan nilai perusahaan mengikuti nilai perusahaan yang mengakuisisi.

  • Ekspansi pasar

Dengan ekspansi pasar maka nilai perusahaan akan berkembang. Tujuan perusahaan melakukan akuisisi juga untuk memungkinkan perusahaan yang diakuisisi untuk memperluas pasar pengakuisisi, baik di pasar dengan jenis produk yang sama maupun berbeda.

  • Melindungi pasar

Persaingan usaha yang cukup ketat bisa menjadi alasan dilakukannya akuisisi. Agar perusahaan dapat memperkuat posisinya untuk suatu jenis pasar, mengakuisisi perusahaan kompetitor dapat melindungi pasar yang ingin dikuasai dan mengurangi persaingan dalam pasar tersebut.

  • Memperkuat bisnis

Akuisisi juga digunakan perusahaan untuk mengambil alih perusahaan lain yang bergerak di bisnis yang sama agar dapat memperkuat bisnis inti (core bussiness) suatu perusahaan sehingga menjadi lebih kuat dan besar.

Perbedaan Merger dan Akuisisi

Perbedaan antara antara merger dan akuisisi selain dalam pengertiannya, masih ada beberapa hal yang membedakan kedua istilah ini.

  • Merger merupakan penggabungan dua atau lebih perusahaan menjadi satu perusahaan dan memiliki identitas yang baru. Untuk akuisisi perusahaan membeli perusahaan lain dan mendapatkan kendali atas perusahaan tersebut disebut dengan akuisisi.
  • Ketika beberapa perusahaan melakukan merger maka perusahaan tersebut bubar dan kemudian perusahaan baru akan didirikan. Sedangkan untuk akuisisi, kedua perusahaan baik perusahaan pengakuisisi dan yang diakuisisi tidak kehilangan eksistensinya.
  • Dalam akuisisi, perusahaan yang mengakuisisi atau biasa disebut acquiring company memiliki kekuatan yang lebih besar daripada perusahaan yang akan diakuisisi atau disebut juga dengan target company. Sedangkan dalam merger terdapat kemungkinan dilakukan oleh dua perusahaan dengan jenis atau ukuran yang sama.
  • Membutuhkan banyak persyaratan dan prosedur hukum yang harus diselesaikan jika melakukan merger. Untuk akuisisi tidak banyak membutuhkan persyaratan atau prosedur hukum yang harus diselesaikan.

Demikian artikel mengenai pengertian akuisisi, klik Blog Krishand untuk membaca artikel-artikel lain dari Krishand Software. Untuk mencoba software-software gratis yang dapat membantu Anda dalam penggajian karyawan atau transaksi perusahaan lainnya dan Anda dapat mengunjungi website kami dengan cara klik Krishand Software.