Pengertian Surat Paklaring

Surat Paklaring

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai Cara Mencairkan Jaminan Hari Tua (JHT). Salah satu persyaratan dalam mencairkan JHT adalah surat paklaring. Sebenarnya apa pengertian Surat Paklaring itu?

Pengertian Surat Paklaring

Pengertian Surat paklaring adalah suatu dokumen yang dapat menunjukkan pengalaman kerja seorang pegawai dan posisi kerja selama bekerja di suatu perusahaan. Informasi yang tercantum di antaranya adalah:

  • Nama karyawan.
  • Nama pimpinan perusahaan.
  • Posisi atau jabatan terakhir.
  • Tanggal mulai dan akhir bekerja.
  • Prestasi atau sikap selama bekerja.

Surat paklaring tidak bisa dibuat sendiri, karena yang berhak mengeluarkan surat paklaring adalah perusahaan tempat bekerja terakhir sebelum pindah ke perusahaan baru.

Surat paklaring biasanya digunakan sebagai persyaratan yang harus disertakan saat melamar di perusahaan baru. Surat paklaring biasanya diminta secara langsung oleh karyawan yang sudah keluar atau berhenti dari perusahaan, yaitu saat karyawan tersebut sudah mengajukan resign dan dengan berbagai syarat tertentu.

Fungsi Surat Paklaring

1. Mencairkan Dana BPJS Ketenagakerjaan

Setiap karyawan seharusnya terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Surat paklaring merupakan salah satu dokumen yang dibutuhkan untuk mencairkan dana Jaminan Hari Tua (JHT).

2. Untuk Melamar Kerja

Surat paklaring juga berguna untuk melamar kerja. Untuk beberapa perusahaan, mereka biasanya akan meminta surat ini sebagai bukti bahwa pekerja memang pernah bekerja pada perusahaan tersebut. Surat paklaring juga diperlukan untuk bekerja pada posisi yang berbeda di suatu perusahaan. Karena, dengan surat tersebut akan membuktikan bahwa Anda memiliki kemampuan untuk mengisi posisi tersebut.

3. Mendapatkan Beasiswa melalui Jalur Profesional

Terlepas dari seseorang sudah bekerja dan memiliki pengalaman, tidak menutup kemungkinan seseorang untuk melanjutkan pendidikan melalui jalur beasiswa profesional. Pemerintah maupun pihak swasta yang akan memberikan beasiswa biasanya akan meminta beberapa dokumen, salah satunya adalah surat paklaring.

4. Mengajukan Pinjaman Bank dan Kartu Kredit

Surat paklaring juga bisa dijadikan sebagai salah satu dokumen pendukung untuk mendapatkan pinjaman, KTA, KKB, atau KPR. Agar bisa mengajukan pinjaman dari pihak bank, tidak jarang seseorang harus terlebih dahulu memiliki status sebagai karyawan. Surat ini juga akan membantu pihak bank agar bisa mengetahui bahwa pihak debitur memiliki penghasilan yang stabil dengan jumlah nominal tertentu yang dapat dilihat dari pekerjaan terakhirnya.

Syarat Membuat Surat Paklaring

1. Mengundurkan diri dengan baik-baik

Syarat untuk mendapatkan surat paklaring biasanya adalah harus mengajukan resign terlebih dahulu.

2. Lama kerja minimal 1 tahun

Syarat kedua dalam memperoleh hak surat paklaring adalah minimal satu tahun bekerja di dalam suatu perusahaan. Jika di bawah waktu tersebut biasanya perusahaan akan menilai bahwa belum matang dalam menjalankan kinerja atau tugas-tugasnya.

3. Telah memenuhi semua kewajiban kerja.

Syarat terakhir untuk mendapatkan surat paklaring adalah dengan memenuhi seluruh tugas dan tanggung jawab, seperti serah terima tugas kepada karyawan baru, menyelesaikan tugas yang belum diselesaikan, dll.

Demikian artikel mengenai penjelasan lengkap mengenai pengertian, manfaat, fungsi dan syarat untuk mendapatkan surat paklaring. Jika Anda tertarik dan ingin mengetahui artikel lain dari Krishand Software, Anda bisa klik Krishand Blog. Krishand memiliki beberapa software yang mungkin dapat membantu pekerjaan Anda, untuk mencoba software-software gratis Anda dapat mengunjungi website kami dengan cara klik Krishand Software.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *