Pengertian dan Manfaat Investasi

Manfaat Investasi

Investasi merupakan sebuah cara menempatkan modal baik berupa uang atau aset berharga lainnya secara langsung maupun tidak langsung ke dalam suatu benda, pihak, atau lembaga, dengan tujuan mendapatkan keuntungan dari hasil penempatan modal tersebut di masa mendatang. Dalam bahasa Italia, investasi dikenal dengan sebutan investire yang berarti memakai atau menggunakan. Investasi bukanlah hal yang asing di tengah masyarakat, namun sebagian masyarakat ada yang belum memahami manfaat dari investasi. Padahal jika kita pahami, investasi merupakan suatu cara yang dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang, terlebih lagi dalam hal finansial.

Ada beberapa manfaat dari investasi yang bisa dirasakan, baik di masa sekarang maupun di masa yang akan datang, diantaranya:

  1. Mempersiapkan Kebutuhan di Masa Mendatang

Investasi merupakan cara yang dapat membantu Anda menyiapkan modal untuk kebutuhan di masa mendatang. Seperti, biaya pendidikan anak, biaya hari tua, dan masih banyak lagi. Dengan investasi, Anda bisa mengatasi kebutuhan finansial tersebut di masa yang akan datang.

  1. Menambah Nilai Uang

Investasi dapat menambah pertumbuhan nilai uang. Berbeda halnya investasi dengan menabung di bank, nilai uang Anda mungkin akan berkurang seiring berjalannya waktu. Meskipun bank memberikan bunga, namun tidak dapat dipungkiri bahwa bunga yang didapatkan hanya dapat menutup biaya administrasi. Dengan berinvestasi, uang akan terkelola dengan baik dan bukan tidak mungkin adanya pertambahan pada nilainya.

  1. Menyelamatkan dari Inflasi

Inflasi merupakan sebuah kondisi dimana meningkatnya harga suatu barang dan jasa secara umum dan terus menerus dalam jangka waktu tertentu. Inflasi merupakan hal yang tak terhindarkan setiap tahunnya dimana nilai mata uang mengalami penurunan dari waktu ke waktu. Untuk menghindari dari keadaan tersebut, besaran suku bunga wajib lebih besar dari tingkat inflasi. Namun kini bunga tabungan terbilang rendah dan tidak dapat menghindarkan kita dari inflasi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, investasi dapat menjadi pilihan agar terbebas dari inflasi.

Dengan manajemen investasi yang baik, Anda dapat membebaskan diri dari laju inflasi dan menambah pertumbuhan nilai uang.

  1. Menjadi Sumber Penghasilan

Mengapa investasi dapat menjadi tambahan penghasilan?

Sebagai contoh, uang yang Anda punya, Anda sisihkan beberapa persen untuk diinvestasikan. Hal ini dapat membuat Anda memiliki penghasilan tambahan dari hasil investasi tersebut.

Jumlah yang hendak Anda sisihkan sebaiknya diperhitungkan terlebih dahulu, agar kebutuhan Anda tidak terabaikan dengan adanya investasi.

  1. Berpotensi Memperoleh Nilai Compounding

Saat memutuskan untuk berinvestasi, sumber peluang Anda untuk mendapatkan keuntungan salah satunya dengan adanya efek compounding. Efek compounding merupakan keuntungan atau bunga yang didapat dari hasil investasi awal yang diinvestasikan kembali dan menghasilkan bunga kembali, biasa disebut juga dengan istilah bunga bergulung.

Jadi dapat dikatakan dengan berinvestasi Anda berpotensi memperoleh pendapatan dari pendapatan yang Anda hasilkan sebelumnya.

  1. Lebih Siap Pensiun

Pada masanya tentu Anda akan memutuskan untuk pensiun, keputusan tersebut akan mempengaruhi pendapatan yang selama ini anda dapatkan dari hasil berkerja. Selain tabungan yang Anda miliki, dengan berinvestasi, Anda bisa lebih siap mempersiapkan masa tua dengan memanfaatkan efek compounding.

  1. Meraih Kebebasan Finansial

Salah satu impian dari setiap orang yaitu kebebasan finansial. Artinya penghasilan yang Anda dapatkan sudah mencukupi kebutuhan setiap harinya.

Banyak cara untuk meraih kondisi ini. Salah satunya berinvestasi. Dengan investasi, Anda berpeluang memperoleh keuntungan besar dalam waktu cepat. Namun yang perlu Anda ingat, semakin tinggi keuntungan, semakin tinggi pula potensi risikonya. Dari situlah Anda harus bisa mengatur investasi sebaik mungkin.

  1. Menambah Wawasan

Menjadi seorang investor memungkinkan Anda menjalin relasi baru. Semakin banyak relasi akan menambah wawasan yang menguntungkan Anda sebagai individu.

Wawasan tentang dunia finansial menjadi luas. Bukan tidak mungkin Anda menjadi perencana keuangan yang andal.

  1. Melatih Diri Mengambil Keputusan

Keputusan Anda untuk berinvestasi akan melatih diri menentukan keputusan finansial. Banyaknya masalah yang muncul akan melatih kemampuan Anda berpikir dan menganalisis.

  1. Lebih Bertanggung Jawab

Di mana ada keputusan yang diambil, di situ Anda harus bertanggung jawab. Misalnya jika Anda menginvestasikan aset di sebuah perusahaan. Semua risiko dan tanggung jawab harus Anda pikirkan jika perusahaan merugi. Anda bisa membuat perencanaan cadangan (backup plan) seperti diversifikasi portofolio yang dapat mengurangi risiko investasi.

  1. Menghindari Terjerat Utang

Untuk menghindari terjerat hutang, Anda dapat menyisihkan sejumlah uang untuk ditabung, diinvestasikan, dan diasuransikan. Anda juga perlu hidup hemat untuk menyisihkan pendapatan bulanan agar pengelolaan uang Anda menjadi lebih baik.

  1. Membangun Kebahagiaan Keluarga

Hasil dari investasi akan mempengaruhi sisi finansial Anda. Dengan begitu, kebutuhan keluarga akan tercukupi dan akan menciptakan kebahagiaan dalam keluarga.

Demikian artikel mengenai manfaat investasi yang dibuat oleh Krishand software, sebuah perusahaan yang menciptakan banyak Software yang dibutuhkan oleh perusahaan baik itu skala kecil hingga skala besar. Software Krishand sangat mudah digunakan, dengan tampilan yang sederhana dan fitur yang cukup lengkap dan dapat digunakan hampir semua jenis Perusahaan, baik itu Manufacture, Trading, Retail, Outsourcing, dsb.

Untuk melihat seluruh produk Krishand, dapat mengunjungi website kami di www.krishandsoftware.com

AK – 2112