Tips Interview Kerja

 

Interview kerja atau wawancara kerja merupakan suatu tahapan seleksi kerja yang melibatkan percakapan antara pelamar/pencari kerja dengan pihak perusahaan, untuk melihat apakah calon pekerja merupakan kandidat yang tepat atau tidak.

Seringkali interview kerja dianggap menjadi sebuah momok yang menakutkan bagi sebagian orang. Pasalnya salah mengatakan sesuatu hal ataupun bersikap salah saat berada di tahap ini akan menjadi pemicu terbesar untuk gagal diterima kerja.

Untuk itu krishand akan memberikan beberapa tips seputar interview kerja.

  1. Berpenampilan menarik

Saat wawancara kerja, penampilan adalah salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan. Pastikan pakaian yang digunakan rapih, tidak kusam, atau bahkan asal-asalan. Penampilan yang rapi dan baik akan memberikan kesan professional.

  1. Tepat Waktu.

Saat interview pastikan datang tepat waktu. Paling tidak, 15 menit sebelum dimulai, Anda sudah sampai di perusahaan. Dengan hadir tepat waktu sesuai dengan yang dijadwalkan anda sudah mendapatkan nilai plus.

  1. Cari informasi tentang perusahaan.

Sebelum datang untuk interview ada baiknya untuk melakukan riset tentang perusahaan yang dituju. Tujuannya untuk menujukkan bahwa Anda memang bersungguh-sungguh. Bukan sekedar iseng-iseng saja.

  1. Persiapkan dokumen

Sebelum wawancara kerja, pastikan Anda telah mempersiapkan dokumen-dokumen penting yang harus dibawa. Selain itu, jangan lupa mengemas alat tulis.

  1. Percaya diri

Percaya diri ketika wawancara kerja menjadi salah satu kunci kesuksesan. Karena pada akhirnya, pihak perusahaan pun paling menginginkan pegawai yang memiliki rasa percaya diri yang kuat.

  1. Sopan

Saat interview sebisa mungkin hindari penggunaan kata-kata “gaul” atau yang berbau SARA. Dengan menggunakan bahasa yang baik akan memberikan kesan serius dan professional. Memberikan salam, dan mengucapkan terima kasih kepada pihak perusahaan dapat memberikan penilaian baik kepada pribadi anda.

Demikianlah tips interview untuk menghadapi wawancara kerja. Semoga bermanfaat, selamat berjuang, dan semoga sukses meraih pekerjaan impian. Apabila perusahaan anda membutuhkan software atau aplikasi dapat menghubungi Krishand (IS-1910)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *