Penerapan Komputerisasi Akuntansi

penerapan komputerisasi akuntansi

Komputer dan laptop sudah menjadi kebutuhan wajib dalam kegiatan usaha atau dalam bekerja. Keberadaan komputer/laptop mampu meringankan pekerjaan penggunanya. Tidak  hanya dalam bidang bisnis semata, sekarang komputer atau laptop sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Dalam berbagai bidang hampir keseluruhan pekerjaan sudah mulai menggunakan komputer, seperti dalam proses komunikasi, belajar, bekerja dan lainnya sudah menggunakan komputer sebagai sarana penunjangnya. Begitupun dalam akuntansi perlu adanya pengembangan dalam proses pengolahan datanya. Perubahan dari kegiatan pencatatan manual menjadi otomatis dengan menggunakan komputer itu disebut dengan penerapan komputerisasi akuntansi.

Penerapan komputerisasi akuntansi dapat dilakukan secara sederhana seperti dalam bentuk excel atau dalam bentuk yang lebih kompleks seperti penggunaan software akuntansi. Dengan adanya komputerisasi akuntansi diharapkan pengerjaan atau pengolahan data akan semakin mudah dan efisien.

Manfaat adanya komputerisasi akuntansi adalah:

1. Mudah

Dengan adanya komputerisasi akuntansi, penginputan dan pengolahan data menjadi lebih mudah karena tidak memerlukan media dan peralatan yang terlalu banyak.

2. Akurat

Akurasi dan kebenaran data merupakan hal yang sangat penting dalam akuntansi, maka dari itu dengan adanya komputerisasi akuntansi diharapkan memperkecil adanya human error dan kesalahan data.

3. Otomatisasi

Dengan adanya komputerisasi akuntansi kita tidak perlu sepenuhnya mengelola data secara manual dari awal hingga akhir. Karena dari  data yang sudah kita input, bagian/langkah selanjutnya akan diambil alih oleh komputer secara otomatis, tergantung sejauh mana komputerisasi akuntansi yang kita terapkan. Apabila kita gunakan excel  maka dari data yang sudah kita input bisa buat rumus secara manual, dan apabila kita menggunakan software akuntansi seperti Krishand General Ledger maka kita hanya perlu input jurnal dah langkah selanjutnya mulai dari buku besar hingga laporan keuangan sudah otomatis terhitung oleh sistem.

4. Efisiensi

Komputerisasi akuntansi bertujuan untuk meningkatkan efisiensi penginputan dan pengelolaan data sehingga tidak banyak waktu yang terbuang untuk penginputan/pengelolaan data, nantinya sisa waktu tersebut kita bisa gunakan untuk kegiatan lain.

5. Keamanan

Keunggulan dari komputerisasi akuntansi adalah keamanan. Karena dengan komputerisasi akuntansi kita bisa memberikan password untuk data yang kita input. Sehingga tidak semua orang bisa membuka data tersebut apabila tidak memiliki passwordnya meskipun mengetahui tempat penyimpanan data tersebut. Hal ini berbeda dengan pencatatan secara manual ketika orang lain sudah tahu penyimpanan datanya maka orang tersebut dapat membacanya secara langsung.

6. Akses Data

Selain keamanan,  hak akses atas data tersebut juga merupakan hal yang sangat penting bagi data internal perusahaan. Dengan adanya komputerisasi akuntansi kita dapat membatasi akses data  dan user yang mengaksesnya.  Jika menggunakan akuntansi secara manual maka hal ini sulit dilakukan. Selain itu dalam penggabungan data dari masing-masing user menjadi salah satu kesulitan bagi perusahaan. Karena tempat penyimpanan yang berbeda-beda, maka pencatatan secara manual akan sulit dalam merangkumnya.

Dari penjelasan di atas dapat kita simpulkan bahwa komputerisasi akuntansi merupakan hal yang sangat perlu dilakukan dalam kegiatan usaha. Selain untuk mempermudah dalam pengelolaan data, keamanan juga sangat diperlukan agar data perusahaan tidak mudah disebarluaskan. Komputerisasi akuntansi dapat dilakukan sesuai kebutuhan perusahaan, untuk perusahaan yang transaksinya sedikit penggunaan excel masih bisa terpenuhi. Tetapi untuk perusahaan yang memiliki transaksi banyak, penggunaan software menjadi pilihan yang lebih baik dalam pengelolaan data.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut Anda dapat menggunakan salah satu dari program krishand software yaitu Krishand General Ledger. Dengan Krishand General Ledger Anda dapat mengelola mulai dari jurnal hingga laporan keuangan. Selain itu program Krishand General Ledger memilki fitur diantaranya adalah multi user dan user permission sehingga dalam satu database dapat diakses oleh beberapa user dengan pembatasan akses tertentu. Untuk informasi mengenai software krishand lainnya dapat mengunjungi Krishand Software. Demikian artikel terkait penerapan komputerisasi akuntansi, semoga bermanfaat 😊

JP1020

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *