Tips Belajar Akuntansi Dengan Mudah dan Efektif

tips belajar akuntasi mudah

Banyak orang yang mengalami kesulitan dalam belajar akuntansi. Akuntansi identik dengan logika dan menghafal, bagi beberapa orang yang tidak suka menghafal tentu ini akan menjadi masalah dalam proses belajar akuntansi. Belajar akuntansi tidak jauh berbeda dengan belajar matematika, sama-sama bermain hafalan dan logika. Namun akuntansi lebih cenderung diterapkan kepada dunia bisnis sementara matematika penerapannya lebih banyak pada dunia industri dan ilmu pengetahuan. Selain itu matematika juga bisa dianggap sebagai dasar dalam belajar akuntansi karena sama-sama belajar penjumlahan dan pengurangan. Pada artikel kali ini kita akan membahas tips bagaimana belajar akuntansi dengan mudah dan efektif, berikut adalah tipsnya:

1. Motivasi

Motivasi merupakan modal dasar bagi setiap orang yang ingin belajar. Karena dari motivasi yang Anda miliki maka Anda akan memiliki semangat dan usaha keras dalam belajar. Jika kita memiliki motivasi yang kuat maka usaha yang akan kita lakukan pasti akan lebih keras pula. Hal tersebut juga berlaku bila Anda ingin belajar akuntansi, jika Anda mampu menemukan motivasi Anda kenapa Anda belajar akuntansi  maka seberapa sulitnya pun mempelajari akuntansi maka Anda akan berusaha memahaminya

2.Konsep Menghafal

Sama halnya dengan bidang atau pelajaran lain, akuntansi juga memiliki banyak pengertian, istilah, serta metode pemecahan masalah yang perlu kita hafalkan dan kita fahami. Mulai dari pengertian, fungsi, maupun istilah yang digunakan hingga persamaan dasar dari rumus/cara hitung merupakan hal yang sangat penting untuk kita hafalkan. Anda bisa membuat cara konsep tersendiri yang bisa mempermudah Anda untuk menghafal hal-hal tersebut. Bisa dengan singkatan, membuat kependekan kata ataupun membuat rangkuman agar materi yang Anda pelajari tidak terlalu panjang.

3. Target

Setelah memiliki motivasi dan metode menghafal, langkah selanjutnya adalah membuat target untuk diri Anda sendiri. Target yang Anda buat tersebut akan menjadi pengingat dan pendorong Anda dalam belajar. Seringkali semangat belajar seseorang naik turun dan berubah-ubah, ketika hal tersebut terjadi pada Anda maka target yang Anda buat sebelumnya akan menjadi penyemangat Anda untuk bangkit dan membangun semangat belajar kembali.

4. Sering-Sering Membaca Buku Akuntansi

Buku merupakan jendela ilmu, dan dari membaca buku seringkali kita mendapatkan wawasan serta motivasi-motivasi dari hal yang kita baca. Sering membaca buku akuntansi akan membuat kita terbiasa dan familiar dengan bahasa dan istilah dalam akuntansi. Hal tersebut apabila kita lakukan secara rutin maka akan membuat kita merasa senang dan berusaha mencari lebih banyak lagi tentang apa itu akuntansi.

5. Percaya Diri dan Jangan Takut Salah

Rasa minder dan kecil hati sering kali menjadi hambatan bagi seseorang, terutama bagi orang yang belum terbiasa berbicara di depan publik. Menumbuhkan rasa percaya diri menjadi bagian penting dalam proses belajar. Banyak orang yang menguasai materi di belakang layar namun tidak berdaya ketika harus berhadapan dengan publik. Maka dari itu perlu adanya rasa percaya diri yang perlu kita bangun agar yang kita kuasai dapat kita bagikan dan bermanfaat untuk orang lain. Jangan takut salah jadikan kesalahan sebagai cambuk untuk belajar lebih giat dan memperbaiki diri.

6. Bergaul Dengan Orang Akuntansi

Carilah teman yang memiliki hobi atau pekerjaan sebagai akuntan dan belajarlah darinya. Walaupun Anda tidak bisa mendapatkan pekerjaan seperti mereka, setidaknya Anda akan mendapatkan gambaran bagaimana seorang akuntan berfikir dan berkerja. Selain itu, teman yang mengerti tentang akuntansi akan membina dan mengajari Anda tips dan trik dalam menghadapi sebuah permasalahan akuntansi dengan cara yang mudah dan cepat.

7. Perbanyak Praktik dan Study Kasus

Selanjutnya perbanyaklah praktik dan study kasus, karena dari kegiatan tersebut Anda akan lebih cepat memahami dan menemukan hal-hal baru. Selain itu praktik dan study kasus sering kali menjadi alternatif dalam memecah kebosanan dalam belajar teori dan dapat membuka logika berfikir otak. Semakin banyak praktik yang Anda lakukan maka otak Anda akan semakin terbiasa dalam meyelesaikan kasus-kasus yang ada.

8. Cobalah beberapa program akuntansi

Tips belajar akuntansi yang terakhir adalah coba beberapa program akuntansi untuk membantu logika Anda dan menemukan alur pengerjaan akuntansi. Beberapa vendor program akuntansi biasanya menyediakan trial program yang bisa langsung digunakan pada browser atau download secara gratis dari website mereka. Dari beberapa program tersebut dapat Anda manfaatkan sebagai media belajar akuntansi.

Demikian artikel mengenai Tips belajar akuntansi dengan mudah dan efektif, dari beberapa cara di atas Anda bisa terapkan cara yang lebih sesuai dengan Anda. Salah satu program yang bisa Anda coba trial diantaranya Krishand General Ledger. Pada program tersebut Anda bisa praktik langsung proses penjurnalan transaksi dan bisa membuat laporan buku besar, neraca saldo hingga membuat laporan keuangan khususnya neraca dan laba/rugi. Untuk download trial Anda bisa klik link download Krishand General Ledger. Atau jika Anda ingin membaca artikel-artikel menarik bisa klik Artikel Krishand. Semoga Bermanfaat.

JP072020