Tips Persiapan Menghadapi Era New Normal

Sampai saat ini, persebaran COVID-19 masih aktif terjadi. Namun pemerintah di berbagai negara telah mulai berupaya untuk menghidupkan kembali aktivitas pasar demi keselamatan perekonomian negara dan masyarakatnya. Telah ada tanda-tanda bahwa kehidupan dapat mulai kembali berjalan. Berakhirnya lockdown bukan berarti segala aktivitas masyarakat akan kembali normal seperti saat sebelum pandemi melanda. Langkah persiapan menghadapi new normal yang menyesuaikan dengan situasi pandemi akan diberlakukan.

Menghadapi New Normal

Dikutip dari Kompas.com, menurut Bapak Wiku Adisasmita selaku Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, new normal adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada. Berikut ini tips yang bisa dipraktekkan Sobat Krishand dalam menghadapi new normal.

Penggunaan masker serta rajin cuci tangan harus jadi bagian dalam kehidupan sehari-hari saat new normal

Tetap menggunakan masker ketika beraktivitas seperti biasa dan tentunya terus mengindahkan anjuran rutin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Mengingat hal ini adalah yang paling dianjurkan untuk masyarakat demi memutus penularan. Selain itu, jangan lupa juga untuk menggunakan hand sanitizer sebelum memegang atau menerima barang.

Wajib jaga jarak di tempat umum

Menjaga jarak minimal 1 meter saat berada di keramaian, tentunya harus diterapkan di tempat umum. Terutama untuk masyarakat yang terpaksa harus bekerja dengan transportasi umum. Masker dan jaga jarak adalah kewajiban. Bukan hanya itu, apabila kamu harus mengikuti aktivitas seperti olahraga di tempat gym, gunakan selalu masker ya. Apabila kamu ingin lebih aman, sebaiknya lakukan dulu olahraga di rumah saja.

Upayakan pembayaran dengan non tunai

Untuk beberapa kepentingan yang memang membutuhkan transaksi, apalagi yang memang tersedia untuk pembayaran non tunai, usahakan untuk melakukannya dengan non tunai ya. Kecuali memang terpaksa harus menggunakan uang tunai untuk pembayaran, segera cuci tangan kamu dengan sabun dan air mengalir ketika selesai bertransaksi.

Tetap membatasi bepergian ke area publik, jika memang tidak darurat

Ketika new normal sudah mulai di Indonesia, beberapa tempat umum juga telah diperbolehkan untuk buka seperti biasa dengan SOP kesehatan dari pemerintah. Namun jangan jadikan alasan ini untuk bisa jalan-jalan tanpa ada kepentingan mendesak ya Sobat Krishand!

Stok kebutuhan pangan, Ingat! jangan berlebihan

Upayakan untuk membeli bahan kebutuhan sekaligus untuk jangka waktu satu minggu atau satu bulan jika memungkinkan sehingga tidak perlu bolak-balik ke supermarket yang sudah pasti tempat umum.

Belanja online dulu aja!

Seperti yang dapat kita lihat dimana trend belanja online meningkat drastis berbarengan dengan pandemi virus Covid-19. Kalian bisa lebih mengutamakan belanja online ya untuk mencari kebutuhan-kebutuhan rumah atau lainnya. Selain itu, jangan lupa juga untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam menerima paket belanja ya!

Harus selalu ada cara untuk bahagia

Pada masa-masa seperti sekarang, sungguh tidak mudah bagi banyak orang. Karena bukan cuma fisik yang harus kita jaga agar tetap sehat, namun kesehatan mental kamu juga penting banget loh! So, kita harus cari cara untuk bisa tetap bahagia sembari melakukan physical distancing dan menjaga kebersihan ini. Maka kita bisa lebih menggunakan kreatifitas pribadi masing-masing dalam mencari cara baru menghibur diri, yang bisa membuat kita terhindar dari stress yang pasti berujung pada penyakit-penyakit lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *