Tips Work From Home (WFH) yang Produktif

Bekerja dari rumah atau work from home (WFH) menjadi salah satu himbauan yang diberikan Pemerintah Indonesia untuk menekan penyebaran virus corona penyebab COVID-19 di berbagai daerah. Beberapa perusahaan pun sudah menerapkan kebijakan WFH setelah pemerintah memberikan himbauan agar masyarakat membatasi aktivitas di luar rumah. Hal ini dapat terlihat dari pergeseran lalu lintas data internet ke wilayah perumahan selama jam kerja.

Pada awalnya, himbauan work from home (WFH) terdengar menyenangkan. Untuk orang yang termasuk dalam kalangan pekerja kantoran, kita tidak perlu ke kantor dan menghadapi macet di jalanan, bisa melakukan aktivitas lain di rumah, dan sebagainya. Namun, bagi mereka yang selama ini bekerja secara remote atau berstatus freelancer, kemungkinan tak banyak terpengaruh dengan himbauan tersebut.

Seiring perpanjangan masa darurat bencana pandemi COVID-19 hingga 29 Mei 2020, himbauan bekerja dari rumah juga diperpanjang. Berikut ini akan dijelaskan tips-tips bagi Anda yang melakukan bekerja dari rumah atau work from home agar lebih produktif.

1. Tetapkan jam kerja

Untuk tetap menjaga produktivitas ketika bekerja dari rumah, mulai dengan menerapkan jam kerja yang sama ketika berada di kantor. Gunakan waktu yang biasanya digunakan untuk bersiap-siap ke kantor dengan kegiatan lain, seperti menyelesaikan pekerjaan rumah yang tertunda. Bangun suasana kerja dalam rumah dengan menghindari bekerja dari tempat tidur.

2. Komunikasi dengan keluarga

Beritahu kondisi pekerjaan bahwa Anda sedang bekerja dari rumah kepada keluarga, Anda juga dapat menetapkan jam berapa saja tidak bisa diganggu. Apabila Anda sudah memiliki anak, jangan lupa siapkan kegiatan untuk anak, seperti menggambar atau menonton film.

3. Komunikasi dengan rekan kantor

Meskipun bekerja dari rumah, jalin komunikasi dengan rekan-rekan di kantor untuk memberikan perkembangan tentang proyek yang sedang dikerjakan. Aktifkan notifikasi email, aplikasi obrolan dan nada dering ponsel agar komunikasi dengan kantor berjalan lancar.

4. Jam istirahat

Jangan lupa menetapkan waktu istirahat saat bekerja di rumah, yang mungkin terlupa karena terlihat seperti tidak sedang bekerja. Selain makan siang, pertimbangkan untuk melakukan peregangan di sela-sela waktu kerja.

Selain itu, pola makan selama work from home juga perlu diperhatikan seiring perubahan aktivitas yang biasa dilakukan di kantor menjadi di rumah. Berikut ini 5 tips pola makan sehat selama Anda menjalani work from home.

1. Konsumsi makanan cukup gizi

Salah satu keuntungan dari karantina ini adalah, Anda bisa lebih sering mengonsumsi makanan yang dimasak di rumah, jadi buat setiap makanan seimbang. Konsumsilah karbohidrat moderat, protein yang cukup, beberapa produk susu, dan banyak sayuran.

Makan makanan bergizi akan berdampak pada tingkat energi dan produktivitas Anda. Ini juga akan menjaga Anda dari konsumsi makanan cepat saji yang tidak baik bagi tubuh.

2. Porsi makanan sesuai kebutuhan

Pelajari dan pahami porsi Anda dan patuhi mereka. Aktivitas fisik menurun, makan berlebihan bisa menambah berat badan Anda. Cara sederhana yang bisa dilakukan adalah: setengah piring sayuran, seperempat arbohidrat, seperempat protein, dan 150-200 ml susu.

3. Perbaiki waktu makan Anda

Hanya karena bekerja dari rumah, bukan berarti Anda bisa makan kapan saja. Pertahankan pengaturan waktu makan Anda seperti hari kerja. Sarapan, makan siang, dan makan malam paling lambat jam 9 malam. Istirahat camilan di antara waktu makan utama Anda selama 10-15 menit, ini membantu menyegarkan Anda.

Simpan camilan dalam jumlah yang Anda perlu makan di sisi Anda. Jangan pernah membawa wadah ke meja kerja Anda. Jangan letakkan meja kerja di dekat tempat Anda menyimpan stok makanan. Tentu Anda tidak ingin mengunyah setiap kali Anda bangun dari meja Anda.

4. Perbanyak minum air

Simpan  sebotol air di meja kerja Anda. Coba dan minum lebih banyak di antara waktu makan, hal ini akan mengurango porsi makan Anda apabila Anda sedang menjalani program penurunan berat badan.

5. Olahraga rutin

Selain mengubah pola makan Anda, aktivitas fisik tetap diperlukan untuk menyeimbangkan kondisi kesehatan tubuh Anda selama WFH. Ada banyak olahraga sederhana yang bisa Anda lakukan di rumah, bahkan tanpa menggunakan alat peraga apapun. Hal ini akan menyempurnakan perubahan pola hidup sehat Anda untuk kedepannya.

Please follow and like us:
error