Perbedaan Jenis Suku Bunga Pinjaman

Dalam menunjang kebutuhan dan kesejahteraan karyawan beberapa perusahaan memberikan fasilitas pinjaman kepada karyawan. Pinjaman perusahaan biasanya diberikan dengan proses yang lebih mudah serta bunga yang lebih rendah dibandingkan peminjaman ke bank atau pihak lain. Sebagai pegawai ada beberapa hal yang perlu kita ketahui sebelum melakukan peminjaman, diantaranya adalah bunga pinjaman. Ada beberapa jenis bunga pinjaman yang perlu kita ketahui baik karakter dan cara perhitungannya.

Suku bunga pinjaman yang biasa digunakan diantaranya: Suku Bunga Flat, Suku Bunga Efektif dan Suku Bunga Anuitas. Untuk lebih jelasnya kita akan bahas masing-masing dari suku bunga tersebut dan kita simulasikan dalam contoh kasus:

1. FLAT

Suku bunga Flat merupakan Suku bunga yang paling mudah cara perhitungannya, karena Bunga Pinjaman Flat setiap bulan nilai bunganya akan selalu tetap sesuai yang ditentukan ketika Awal Peminjaman. Suku Bunga ini biasanya digunakan untuk pinjaman tanpa agunan. Suku bunga Flat dapat kita hitung dengan rumus:

Contoh : Tuan Adi Haryadi meminjam uang ke perusahaan sebesar Rp. 10.000.000,- yang akan dicicil selama 10 bulan dimulai dari bulan Juni dengan potong gaji, perusahaan memberikan bunga flat kepada Tuan Adi Haryadi sebesar 0.6%/Tahun. Maka rencana cicilan akan dibuat sebagai berikut :

2. EFEKTIF

Suku Bunga efektif adalah perhitungan suku bunga yang dihitung setiap akhir periode cicilan, Suku bunga yang dihitung dari sisa pokok hutang yang tersisa, sehingga meskipun cicilan pokoknya sama bunga setiap bulannya akan berbeda-beda (cicilan pokok tetap, bunga semakin rendah). Untuk rumus perhitungan suku bunga efektif adalah :

Contoh: Tuan Bambang meminjam uang ke perusahaan sebesar Rp. 10.000.000,- yang akan dicicil selama 10 bulan dimulai dari bulan Juni dengan potong gaji, perusahaan memberikan bunga efektif kepada Tuan Bambang sebesar 0.6%/Tahun. Maka rencana cicilan akan dibuat sebagai berikut:

3. ANUITAS

Suku Bunga pinjaman ini menentukan besaran cicilan tiap bulan dengan jumlah yang sama namun komposisi bunga dan pokok cicilannya akan berubah-ubah setiap periodenya. Suku Bunga Anuitas adalah modifikasi dari bunga efektif untuk mempermudah peminjam karena jumlah potongan akan selalu sama, sehingga meskipun cicilan pokok semakin besar, bunga semakin rendah. Rumus perhitungan suku bunga Anuitas dan besar angsuran per bulan adalah:

Contoh: Tuan Raharjo meminjam uang ke perusahaan sebesar Rp. 10.000.000,- yang akan dicicil selama 10 bulan dimulai dari bulan Juni dengan potong gaji, perusahaan memberikan bunga Anuitas kepada Tuan Raharjo sebesar 0.6%/Tahun. Maka rencana cicilan akan dibuat sebagai berikut:

Demikian pembahasan tentang perbedaan dan cara perhitungan suku bunga flat, efektif an anuitas. Semoga dapat bermanfaat. Bagi anda yang tidak mau repot membuat rumus atau menghitung secara manual anda bisa mencari beberapa software penggajian yang menyediakan fitur perhitungan suku bunga tersebut.

Please follow and like us:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *