Mengubah Faskes BPJS Kesehatan Melalui Aplikasi Mobile JKN

Pada saat mendaftar BPJS Kesehatan selain ada beberapa persyaratan yang dibutuhkan, pihak BPJS juga meminta calon peserta untuk memilih Fasilitas Kesehatan (Faskes) yang dekat dengan tempat tinggal peserta. Faskes BPJS Kesehatan itu meliputi Klinik, Puskesmas atau Dokter pribadi yang memang sudah bekerja sama dengan pihak BPJS.

Pasalnya, saat sakit dan berobat menggunakan kartu BPJS, kamu harus mengunjungi Faskes tingkat 1 yang sudah dipilih. Di Faskes tingkat 1 ini juga masyarakat akan mendapatkan surat pengantar atau rujukan rumah sakit jika penyakit yang dideritanya mengharuskan untuk berobat lebih lanjut ke rumah sakit yang memiliki pelayanan dan fasilitas lebih lengkap.

Jika peserta BPJS pindah tempat tinggal, jarak antara rumah dengan Faskes yang telah dipilih sebelumnya menjadi tidak dekat. Untuk itu, peserta perlu mengganti Faskes yang sudah dipilih sebelumnya.

Untuk perubahan Faskes saat ini ada banyak cara mudah yang memungkinkan peserta mengubah Faskes tanpa datang ke kantor BPJS kesehatan, yaitu dengan menggunakan aplikasi Mobile JKN. Aplikasi Mobile JKN bisa diunduh di Playstore atau Appstore.

Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan :

1. Download aplikasi Mobile JKN di playstore atau Appstore

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Jika sudah menjadi peserta dan mau mengubah Faskes, pilih “Pendaftaran Pengguna Mobile”

3. Lengkapi data yang dibutuhkan

4. Setelah terdaftar peserta bisa log in dengan No. Kartu BPJS, email, atau username yang digunakan saat pendaftaran

5. Pilih “Ubah Data Peserta” pada menu tampilan utama

6. Berikutnya akan tampil data kepesertaan, pilih “FKTP” untuk mengganti Faskes

7. Pada kolom Faskes, nantinya akan ada pop up untuk pilih Provinsi, Kabupaten dan pilihan Faskes

8. Tunggu dan dapatkan kode verifikasi melalui email atau nomor telepon yang terdaftar

9. Setelah diverifikasi, Anda bisa langsung konfirmasi perubahan data tersebut

Perlu diingat, setelah perubahan Faskes tersebut Anda tidak bisa langsung menggunakannya, sebab tidak langsung aktif dan butuh proses. Faskes yang baru akan aktif pada satu bulan berikutnya. Selama masih menunggu proses penggantian Faskes tersebut aktif, Faskes yang lama masih dapat digunakan untuk berobat. (IS – 1911)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *